Tugas Bahasa Indonesia
Kalimat Efektif
Ciri-ciri Kalimat Efektif
1. Ada Subjek dan Predikat
a. Subjek tidak boleh diawali dengan preposisi
Contoh :
o (-) Para ibu-ibu dipersilahkan memasuki ruangan (tidak efektif)
(+) Ibu-ibu dipersilahkan memasuki ruangan (efektif)
o (-) Banyaknya anak-anak SD sudah mengenal Handphone (tidak efektif)
(+) Anak-anak SD sudah mengenal Handphone (efektif)
o (-) Para bapak-bapak yang bekerja disana sudah memiliki anak (tidak efektif)
(+) Bapak-bapak yang bekerja disana sudah memiliki anak (efektif)
o (-) Kepada hadirin dipersilahkan duduk ( tidak efektif)
(+) Hadirin dipersilahkan duduk ( efektif)
o (-) Kepada murid-murid silahkan meningglkan lapangan upacara (tidak efektif)
(+) murid-murid silahkan meningglkan upacara (efektif)
b. Antara subjek dan predikat jangan disisipi kata yang
Contoh :
o (-) Kakakku yang sangat pelit (tidak efektif)
(+) kakakku pelit (efektif)
o (-) Zaelani yang tampan (tidak efektif)
(+) Zaelani tampan (efektif)
o (-) Lusi yang centil (tidak efektif)
(+) Lusi centil (efektif)
o (-) Tenitia yang cerdas didalam kelas (tidak efektif)
(+) Tenitia cerdas didalam kelas (efektif)
o (-) Nita yang pandai berbahasa inggris (tidak efektif)
(+)Nita pandai berbahasa inggris
2. Semua kata yang digunakan baku
Contoh :
o (-) Ibu sedang memasak kue di didapur (tidak efektif)
(+) ibu sedang memasak di dapur ( efektif)
o (-) Rina sedang belajar dirumah ( tidak efektif)
(+) Rina sedang belajar ( efektif)
o (-) Kami sedang praktek memasak ( tidak efektif)
(+) kami sedang memasak ( efektif)
o (-) Noni sedang mandi dirumah ( tidak efektif)
(+) Noni sedang dirumah ( efektif)
3. Hemat dalam penggunaan kata
- (-) Ibu itu saling berjabat tangan (tidak efektif)
(+) Ibu itu berjabat tangan (efektif)
- (-) Anak itu saling menyapa (tidak efektif)
(+) Anak itu menyapa (efektif)
- (-) Kedua anak itu saling berpelukan (tidak efektif)
(+) Kedua anak itu berpelukan (efektif)
- (-) Kedua adik kakak itu saling bertengkar (tidak efektif)
(+) Kedua adik kakak itu bertengkar (efektif)
- (-) Orang itu saling mengaggumi satu sama lain (tidak efektif)
- (+) Orang itu mengaggumi satu sama lain (efektif)
4. Logis dan masuk akal
- (-) Pencuri ayam itu berhasil ditangkap warga (tidak efektif)
(+) warga berhasil menangkap pencuri ayam (efektif)
- (-) Bola berhasil dimasukan oleh Gonzalez ke gawang (tidak efektif)
(+) Gonzalez berhasil memasugan bola kegawang (efektif)
- (-) Loma melukis berhasil dimenangkan oleh Ririn (tidak efektif)
(+) Ririn berhasil memenangkan lomba melukis (efektif)
- (-) Anak ayam itu berhasil saya tanggkap (tidak efektif)
(+) Ayam itu berhasil saya tanggkap (efektif)
- (-) Mobil itu menabrak anak yang mau menyebrang ( tidak efektif)
(+) Anak yang mau meyebrang itu tertabrak mobil (efektif)
5. Paralelisme
- (-) Pekerjaan Pak iton sehari-hari pembersihan sekolah dan pengumpulan sampah-sampah (tidak efektif)
(+) Pekerjaan Pak iton sehari-hari membersihkan sekolah dan mengumpulkan sampah-sampah
- (-) Roni sering mencuci baju dan penyapuan rumah (tidak efektif)
(+) Roni sering mencuci baju dan menyapu rumah (efektif)
- (-) Ayah sering pembersihan lingkungan dan penyapuan halaman (tidak efektif)
(+) Ayah sering membersihkan lingkungan dan menyapu halaman (efektif)
- (-) Rina suka membeli kue dan memakannya sendiri (tidak efektif)
(+) Rina suka beli kue dan makan sendiri (efektif)
- (-) Ibu membeli baju baru dan langsung memakainya (tidak efektif)
(+) Ibu beli baju baru dan langsung pakai (efektif)
- (-) Ana membeli tas dan memberikannya kepada adik (tidak efektif)
- (+) Ana beli tas dan diberikan kepada adik (efektif)
NAMA: LUSI HERLINA
KLS : 1 C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar